Tempat Berlatih Menunggang Kuda di Indonesia

Tempat Berlatih Menunggang Kuda di Indonesia

Kuda memiliki habitat asli di daerah padang rumput atau savana. Padang rumput atau savana yang luas menjadi daerah kesukaan kuda karena bisa ditemukan banyak makanan berupa rumput-rumputan. Pada habitat aslinya, kuda bisa tumbuh lebih besar dan kuat karena dapat bergerak bebas.

Sejak 5000 tahun lalu, tepatnya sebelum masehi, kuda digunakan oleh manusia untuk ditunggangi guna bepergian.  Manusia purba yang saat itu merupakan manusia pengembara atau bersifat nomaden. Sering kali menggunakan kuda untuk mengangkut barang maupun berkendara hanya untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya.

Tempat Berlatih Berkuda

Untuk saat ini berkuda menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan. Meskipun begitu, menunggangi kuda tidaklah asal dan ceroboh. Diperlukan keterampilan serta ketangkasan untuk bisa menunggangi sekaligus mengendalikan kuda. Keterampilan ini pun butuh latihan yang rutin dan konsisten untuk menjadi handal.

Menunggangi kuda pun tidak bisa dilakukan di tempat sembarangan. Ada tempat yang secara khusus dibangun sebagai tempat berlatih menunggang kuda. Khususnya di Indonesia, berikut beberapa tempat yang biasa dipai untuk berlatih menunggang kuda:

  1. Pacuan Kuda Pulomas Jakarta

Tempat berlatih kuda pertama yang seringkali digunakan adalah pacuan kuda Pulomas, Jakarta. Pacuan kuda yang satu ini merupakan yang tertua sekaligus legendaris. Di tahun 1990 an pacuan ini merupakan arena hiburan terbaik untuk menonton balapan kuda tiap akhir pekan.

Hingga saat ini, pacuan kuda Pulomas masih beroperasi dengan baik. Di hari-hari tertentu, pacuan ini digunakan sebagai arena balapan. Namun di hari biasa, apalagi di sore hari akan banyak dijumpai orang-orang yang sedang melatih kuda kesayangannya.

  1. Johnsto Yogyakarta

Beralih ke Yogyakarta, ada tempat berlatih menunggang kuda yang cukup terkenal adalah Johnsto. Johnsto sendiri sebenarnya bukan pure tempat latihan berkuda. Tempat ini merupakan kawasan wisata baru yang mengusung konsep ranch seperti di film koboi. Namun, tempat ini banyak digunakan untuk latihan berkuda.

Lokasi Johnsto pun terbilang strategis dan tidak jauh dari pusat kota Yogyakarta. Jaraknya mungkin hanya sekitar enam kilometer atau 20 menit perjalanan dari pusat kota. Anda bisa langsung menuju lokasi dari terminal Jombor, tepatnya di Kutupatran, Sinduadi, Mlati, Kabupaten Sleman.

  1. D’Sultan Stable Palembang

Tempat latihan berkuda lainnya di Indonesia adalah D’sultan Stable di Palembang. Berbeda dengan kedua lokasi sebelumnya yang berupa arena pacuan juga tempat wisata. D’Sultan Stable merupakan tempat latihan berkuda berupa lapangan rumput luas yang sengaja dibuat mirip dengan habitat asli kuda yaitu savana. Kuda-kuda disini dibiarkan hidup dan berkeliaran bebas.

Menunggang kuda di D’Sultan Stable jauh lebih menyenangkan karena naluriah bebas kuda masih sedikit tertanam. Kendati dianggap lebih liar, tenang kuda disini tetap jinak dan sangat bersahabat. Bagi pemula, para coach siap untuk mendampingi. Selain menunggang kuda, disini Anda juga bisa latihan memanah.

  1. Megastar Malang

Terakhir, tempat menunggang kuda yang populer dan banyak direkomendasikan adalah peternakan Megastar di Malang, Jawa Timur. Lokasinya tidak jauh dari lereng Gunung Panderman. Memiliki luas lahan hingga 2 hektar, peternakan ini memelihara kurang lebihnya 50 ekor kuda yang terbagi atas beragam jenis, ukuran hingga tingkat kejinakannya. Di sini kamu bisa berlatih menunggang kuda dari awalnya pemula hingga expert alias handal. Untuk bergabung dengan club berkuda Megastar, biayanya mulai dari 400.000,-an per bulannya.

Nah, itu beberapa tempat berlatih menungga kuda di Indonesia yang banyak dibicarakan dan direkomenasikan orang-orang. Jadi tunggu apalagi? Segera datang dan coba sensasi baru berkendara dengan kuda. []

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *