Amanah Pejabat dan Ustadz Untuk Berlatih Berkuda

 Amanah Pejabat dan Ustadz Untuk Berlatih Berkuda

Berkuda memang kini menjadi salah satu olahraga yang digemari banyak orang. Berbagai kalangan dan usia kini sudah mulai banyak yang berolahraga kuda. Banyak orang suka berlatih kuda bukan tanpa alasan. Banyak alasan-alasan yang melatarbelakangi banyak orang memutuskan untuk berkuda. Menurut salah satu ustadz Sufian Noor Abdullah mengemukakan bahwasanya belatih berkuda memang banyak hikmanya.

Nah, salah satu hikmah yang bisa didapatkan dengan berlatih berkuda adalah agar menjadikan fisik seseorang lebih kuat. Bahkan beliau mengatakan bahwa orang yang sering berlatih kuda memiliki kekuatan delapan kali lebih kuat dibandingkan dengan orang biasa.

Berkuda memang sudah ada sejak zaman dulu. Bahkan berkuda sudah ada sejak zaman Nabi Ismail. Dimana Nabi Ismail adalah sosok pertama yang berhasil membuat kuda jinak dan mudah dikendalikan. Keberhasilan Nabi Ismail dalam menjinakkan kuda menjadi salah satu pelajaran yang sangat berharga. Hingga generasi selanjutnya sampai saat ini banyak yang suka berlatih berkuda.

Amanah Ustadz Berlatih Berkuda

Memang bukan rahasia lagi jika berkuda memberikan manfaat yang sangat luar biasa. Bahkan ustadz Sufian Noor Abdullah mengisahkan pengalamannya ketika beliau  mengisi sebiah acara di pengajian  di Kelantan, Malaysia. Beliau mengisahkan kisah nyata bahwsanya ada seseorang yang terkena penyakit stroke.

Dan penderita stroke ini udah sering berobat ke rumah sakit dan hasilnya zonk alias tak kunjung sembuh. Kemudian si penderia stroke ini mencoba alternative lain dengan naik kuda. Alhasil dengan usaha tersebut si penderita stroke ini sembuh dengan berlatih kuda sebanyak lima kali.

Amanah Ustadz: Berlatih Kuda Memberikan Banyak Hikmah

Ustadz Sufian Noor Abdullah juga mengatakan bahwasanya berlatih kuda juga bisa menyembuhkan autis. Beliau mengisahkan bahwasanya di Semarang anak anak autis yang tak kunjung sembuh. Nah, kemudian si anak autis ini mencoba berlatih kuda sebanyak enam sampai tujuh kali berlatih kuda.

Dan atas izin Allah SWT maka anak ini sembuh dari penyakit autisnya yang di deritanya. Maka dari itu kini amanah dari ustadz  untuk berlatih berkuda. Pasalnya selain membawa manfaat juga banyak hikmah yang bisa dipetik dari berlatih berkuda.

Berlatih Berkuda

Berlatih berkuda memang membutuhkab tenaga yang ekstra. Dimana saat kamu mulai mengendalikan kuda kamu dituntut untuk berpegangan tali dengan kuat. Bahkan kamu harus bisa menyeimbangakan tubuh kamu untuk seimbang. Jangan sampai kamu hilang konstrasi dan menyebabkan kamu hilang kendali. Pasalanya kuda bisa berlari dengan kecepatan yang tinggi.

Namun, hal tersebut justru menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak orang. Bahkan banyak pejabat yang kini mulai tertarik dengan berlatik kuda. Salah satu pejabat tinggi yang suka dengan berlatih kuda adalah Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi. Dimana sang menteri ini memiliki sejumlah kuda pacu dikediamannya di Sidoarjo JawaTimur. Pasalnya Imam Nahrawi  sejak kecil gemar akan kuda.

Bahkan yang hal yang menabjubkan dari Imam Nahrawi adalah beliau sudah berkali-kali mengikuti perlombaan berkuda. Beliau  juga memiliki kuda persilangan lokal dan Australia yang dimilikinya sejak dua tahun yang lalu.  Beliau memilih berlaih kuda karena memang berlatih berkuda bisa membuat tubuh menjadi lebih kuat dan sehat. Makanya beliau ingin supaya banyak orang untuk berolahraga termasuk juga dengan berlatih berkuda.

Nah, itulah amanah pejabat dan ustadz berlatih berkuda. Jaga dan cintai tubuh kamu dengan sering berolahraga termasuk dengan sering berlatih berolahraga.

Mau Belajar Menunggang Kuda ? Gimana Sih Tekniknya ?

Mau Belajar Menunggang Kuda ? Gimana Sih Tekniknya ?

Belajar menunggang kuda memang tidak sesusah yang dibayangkan. Namun, diperlukan keberanian dalam mencobanya. Nah, buat kamu yang tertarik dan pengen belajar berkuda kamu harus tahu sejumlah teknik dalam menunggangi kuda. Supaya kamu bisa berlatih berkuda dengan benar dan tentunya bisa memberikan pengalaman yang menyenangkan. Pasalnya jika kamu tidak tau aturan main dalam berkuda selain membayangkan keselamatan juga bisa memberikan pengalaman buruk yang bisa membuat kamu trauma. Maka dari itu mengetahui teknik ketika mau belajar menunggang kuda sangatlah dibutuhkan.

Belajar Menunggang Kuda Mudah

Tidak perlu khawatir atau cemas ketika belajar berkuda. Dan jika kamu ingin cepat menguasai teknik  dalam menunggang kuda maka pilihlah instruktur paling professional dan bisa di andalkan. Pilihlah instruktur yang memang sudah berpengalaman sekaligus berkompeten dalam berkuda. Pastikan juga instruktur yang kamu pilih bisa menjelaskan alias pandai berbicara. Sehingga ketika dijelaskan kamu bisa mengerti dan paham apa yang dimaksud instruktur katakan. Dan yang penting juga pilihlah instruktur yang banyak tahu tentang kuda. Jangan sampai kamu memilih instruktur yang tidak tau banyak tentang kuda. Jika kamu memilih instruktur yang demikian maka bisa merugikan kamu sendiri.

Teknik Menunggang Kuda

Menunggang kuda tidak boleh sembarangan. Kalau tidak tau tekniknya bisa membahayakan keselamatan. Teknik yang benar ketika ingin menunggang kuda adalah dengan memulai dari sisi kiri. Kenapa teknik ini harus dimulai dari sisi kiri?  Karena kekuatan pijakan adalah berada pada kaki sebelah kanan. Selain itu dimulai dari kaki kiri supaya bisa menghentak untuk naik ke atas. Jika teknik ini bisa dilakukan dengan baik dan benar maka penunggang langsung bisa naik dan memegang tali dengan kuat. Nah jika kamu sudah dalam posisi duduk dan posisi diatas pelana maka bersiaplah untuk teknik lainnya.

Teknik Menunggang Kuda Jalan Biasa

Untuk menunggang kuda di awal proses pembelajaran dan pelatihan, jangan terburu-buru ingin menunggangginya. Kamu bisa mengawalinya dengan jalan biasa dan belajar mengendalikan kestabilan. Nah, teknik untuk menunggang kuda secara benar adalah dengan  menghentakkan kedua kaki sedikit menuju ke arah perut kuda. Sehingga kuda akan secara otomatis bergerak maju. Bagaimana sungguh mudah  bukan? Selain itu pastikan juga posisi duduk kamu sudah tepat di pelana  dan jangan lupa untuk selalu menjaga keseimbangan ketika posisi diatas kuda.

Teknik Menunggang Kuda Lari Biasa

Setelah berhasil menunggang kuda dan menjaga keseimbangan dengan baik maka teknik yang harus kamu ketahui adalah lari biasa. Untuk teknik ini pastikan posisi kedua kaki dirapatkan ke tubuh kuda. JIka  posisinya sudah benar maka kuda bakalan mulai berlari dengan kecepatan standard an normal. Kamu juga harus berkonsentrasi penuh ketika menunggang. Pasalnya jika kamu tidak focus maka irama loncat duduk menjadi kurang teratur . Bahkan yang tidak mengenakkan adalah kamu menjadi tidak nyaman saat kuda mulai berlari.

Menunggang Kuda Lari Cepat

Ketika menunggang kuda jalan biasa dan lari biasa sudah bisa kamu kuasai dengan baik. Maka bersiaplah untuk mencoba menunggang kuda dengan lari cepat. Dimana untuk menunggang lari cepat hal yang harus kamu lakukan adalah merapatkan kaki kamu tepat ditubuh kuda. Hal ni perlu dilakukan supaya pantat kamu bisa terangkat melayang ketika kuda berlari dengan kecepatan yang tinggi.

Nah itulah informasi menunggang kuda yang harus kamu ketahui. Dengan mengetahui beberapa cara belajar menunggangi kuda kamu akan lebih mudah untuk mengendalikan pacu kuda saat pertama kali mencobanya.

 

 

Diet Sehat dengan Berkuda

Diet Sehat dengan Berkuda

Memiliki tubuh yang ideal merupakan dambaaan bagi setiap orang. Tidak hanya kaum hawa saja, namun para pria juga menginginkan memiliki tubuh yang ideal. selain faktor penampilan, memiliki bentuk tubuh yang ideal merupakan salah satu langkah untuk tetap menjaga kesehatan tubuh kita. kita tahu bahwa orang yang memiliki berat badan yang ebrlebihan atau biasa disebut obesitas, mereka akan sangat rawan untuk terserang beragam penyakit apapun. Ini tentu menjadi momok bagi setiap orang.

Jika sudah terlanjur memiliki berat badan yang berlebihan, cara yang harus dilakukan adalah dengan berupaya menurunkan berat badan tersebut menjadi ideal yaitu dengan melakukan diet. Ada banyak cara yang bisa dilakukan ketika  seseorang menjalani diet.  Sebagian dari mereka memilih untuk melakukan diet secara instan yaitu dengan mengkonsumsi obat-obatan tertentu. Namun tak sedikit pula yang lebih memilih untuk melakukan diet sehat dengan melakukan olahraga berkuda.

Berkuda Baik Untuk Diet Sehat

Melakukan diet sehat dan cepat adalah cara yang banyak dicari oleh orang yang saat ini sedang berjuang untuk mengembalikan berat badan mereka dalam kondisi normal. Terlebih lagi bagi kaum hawa yang menjadikan penampilan sebagai hal yang penting untuk diperhatikan. Kita tahu bahwa tak jarang juga orang memilih untuk melakukan diet ekstrim.

Meski hasilnya cepat, namun dampak buruk yang berakibat fatal bagi kesehatan tubuh juga wajib untuk diperhatikan. Oleh karena itu, alangkah lebih baik jika kita melakukan diet dengan cara alami dan tentunya lebih sehat supaya nantinya bisa menurunkan berat badan secara efektif dalam jangka waktu yang cukup singkat. Lalu, seperti apa cara diet sehat dengan berkuda yang bisa kita terapkan?

Diet Sehat Berkuda? Siapa Takut!

Cara diet sehat  dengan berkuda yang bisa kamu lakukanadalah dengan melakukan penyusunan olahraga jadwal diet sehat berkuda. Hal ini merupakan cara yang cukup penting karena membutuhkan komitmen dari diri sendiri untuk melakukan program diet sehat yang akan Kamu lakukan. Tidka hanya sekedar komitmen semata, namun jadwal yang telah tersusun dan terencana dengan baik akan memberikan peluang yang besar untuk berhasil. Jadwal tersebut berisikan waktu-waktu rutin  untuk berkuda setiap hari.

Tentu saja kamu harus rutin dan teratur dalam menjalan program diet sehat ala berkuda ini. Selanjutnya, untuk bisa tertarget, jadwal tersebut sebaiknya juga dituliskan mengenai target penurunan berat badan yang harus dicapai dalam kurun waktu tertentu. Bagaimana? Mudah bukan?

Jalani Diet Sehat dengan Berkuda

Berkuda tentu menjadi hobi sekaligus olahraga yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Bahkan banyak orang yang melakukan olahraga berkuda ini demi menurunkan berat badan alias diet. Berkuda yang menuntut kamu harus menggerakkan tangan dan kaki pastinya akan membuat otot kamu bekerja semua. Alhasil ketika kamu sering melakukan olahraga berkuda bukan tidak mungkin kamu bakalan menurunkan berat badan dan pastinya badan kamu  bakalan sehat.

 

Diet Sehat Zaman Now Dengan Berkuda

Siapa bilang diet sehat itu sulit? Diet sehat sangat mudah dilakukan jika kamu memiliki niat yang kuat. Kamu yang pengen menurunkan berat badan selain mengonsumsi makanan-makan yang sehat juga harus diimbangi dengan olahraga. Nah, olahraga yang sangat recommended yang harus kamu coba adalah diet dengan berkuda.

Nah, itulah diet sehat dengan berkuda. Jangan menyakiti tubuh kamu dengan diet yang instan. Pasalnya kini sudah banyak deit sehat yang bisa dilakukan termasuk deit dengan berkuda. Berani mencoba? Yek segera eksekusi!

5 Jenis Kuda Lucu untuk Anak Tercinta

5 Jenis Kuda Lucu untuk Anak Tercinta

Kuda sejak dulu telah menjadi sahabat baik manusia. Kuda juga banyak dimanfaatkan tenaganya oleh manusia sejak dulu. Seperti untuk mengangkut barat, moda transportasi hingga sebagai hewan berperang.

Kegiatan berkuda pun menjadi aktivitas menyenangkan sekaligus menyehatkan. Kuda juga sangat baik untuk tumbuh kembang anak. Anda bisa mengajarkan berkuda kepada anak. Dengan berkuda, anak dapat belajar banyak hal yang bermanfaat.

Khusus untuk si kecil tentu kuda yang dipakai yang berukuran kecil. Yang kiranya dapat dikendalikan dengan mudah oleh anak. Kuda sendiri memiliki ragam jenisnya, begitupun kuda khusus anak. Kuda bagi anak-anak yang paling populer adalah kuda poni. Adapun kuda-kuda jenis lainnya yang lucu untuk anak tercinta adalah:

  1. Kuda Falabella

Nah, jenis pertama yang sangat cocok untuk kegiatan berkuda anaka adalah jenis Falabella. Jenis kuda yang satu ini berasal dari Argentina. Falabella hourse atau kuda Falabella ini cocok bagi si kecil karena memang tubuhnya juga mungil.

 

Bahkan tubuh khasnya adalah yang paling kecil dibanding jenis kuda lainnya yang tersebar di penjuru Dunia. Kuda ini juga diakui sebagai yang terkecil di Dunia. Selain bertubuh mungil, Falabella juga memiliki tubuh yang pendek dengan tinggi dewasa maksimal 80 cm saja.

 

Kendati berbadan mungil dan pendek, Falabella adalah jenis paling cantik dan lucu. Sehingga akan sangat disukai anak-anak. Tubuhnya pun kuat untuk menjadi teman berkuda.

  1. Kuda Forjd

Penyebutan nama kuda jenis ini memang cukup sulit, yakni Forjd. Terlepas dari namanya yang sulit, kuda Forjd adalah kuda yang paling mudah dijinakkan. Kuda ini juga memiliki tampilan fisik yang cantik dengan surai dan ekor yang panjang.

 

Kuda ini habitat aslinya berasal dari Norwegia. Karena bertempat di lokasi dengan iklim dingin, bulu yang dimiliki kuda ini cukup tebal. Warna khasnya adalah coklat keabu-abu an dengan bulu khas di leher bagian atasnya. Forjd juga salah satu yang sering mencuri perhatian si kecil.

  1. Kuda Poni

Nah, yang umu dan sering kita temui untuk kegiatan berkuda anak adalah kuda Poni. Kuda Poni memang jenis kuda yang memiliki tubuh berukuran kecil sama halnya dengan kuda Falabella. Namun, saat dewasa tinggi maksimalnya bisa mencapai 142 cm.

 

Bulu surai dan ekornya indah dan memiliki banyak ragam warna. Anak-anak cenderung lebih mengingat kuda jenis ini. Kendati bertubuh kecil, kuda Poni memiliki penglihatan serta pendengaran yang tajam. Anda dan anak bisa dengan mudah menemui kuda Poni di peternakan lokal maupun tempat wisata.

  1. Kuda Shire

Anak-anak memang cenderung menyukai sesuatu hal yang menarik dan tampil cantik sekaligus lucu. Rasa ingin tahu yang tinggi tak jarang mendorong anak untuk mengenal lebih jauh lingkungannya. Salah satu jenis kuda yang akan banyak menarik perhahatian anak adalah kuda Shire.

 

Shire Horse ini merupakan jenis kuda yang memiliki bulu yang sangat tebal. Yang khas dari Shire adalah bulu yang juga tumbuh lebat di kakinya. Asal kuda cantik ini adalah dari Inggris. Kuda ini tentu akan sangat cucuk untuk sang Anak.

  1. Black Forest Horse

Eropa, menjadi salah satu daerah yang memang dikenal sebagai habitat asli berbagai jenis kuda. Jenis kuda cantik dan lucu berikutnya ada Black Forest Horse atau kuda Black Forest yang memiliki surai panjang cantik bewarna coklat keemasan hingga hitam legam. Habitat aslinya berasal dari Negara Jerman.

Nah, itulah 5 jenis kuda lucu yang kiranya cocok menemani anak cinta untuk berkuda. Tentu dengan tampilannya yang cantik dan menggemaskan membuat anak menjadi lebih berani untuk bersabat dengan kuda pilihannya.[]

 

Sejarah Pelatihan Berkuda di Indonesia

Sejarah Pelatihan Berkuda di Indonesia

Saat ini berkuda menjadi kegiatan populer dan banyak diminati. Berkuda menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan khususnya di akhir pekan. Menunggang kuda pun tidak asal sembarangan, perlu keterampilan untuk bisa melakukannya.

Keterampilan ini pun butuh banyak latihan serta konsisten dalam melakukannya. Kesabaran dan ketelatenan juga merupakan keutaman yang harus dimiliki untuk menunggangi kuda.

Sejarah Berkuda

Catatan menyebutkan, sejarah berkuda sangat panjang yakni dimulai sejak 5000 tahun yang lalu. Disebutkan bahwa kuda dahulu nya termasuk salah satu hewan ternak manusia purba. Kuda sedari dahulu dimanfaatkan untuk mengangkut barang dan ditunggangi saat bepergian.

Manusia purba yang nomaden atau seringkali berpindah pindah tempat, memanfaat kuda sebagai kendaraan. Selain dimanfaatkan tenaganya, kuda dahulunya pun tak jarang dijadikan sebagai bahan makanan. Berkuda adalah aktivitas yang sering dilakukan oleh bangsa Romawi dan Yunani sebagai kegiatan olahraga kala itu.

Kendati bukan termasuk cabang olahraga yang populer di dunia. Kenyataannya berkuda dan kegiatan lain yang berkaitan dengan kuda memiliki tempat khusus di hati para pecintanya. Berkuda sendiri saat ini sudah sangat jarang dilakukan kecuali ketika ada event-event tertentu.

Sejarah Berkuda di Indonesia

Di Indonesia sendiri, kuda sudah adak sedari zaman dahulu. Pada masa kerajaan baik itu Singasari hingga Majapahit. Di masa penjajahan pula, kuda pun sudah banyak dimanfaatkan oleh penjajah dan aristokrat kala itu sebagai moda transportasi dan angkutan barang. Kuda zaman dahulu identik dengan para petani dan para prajurit perang.

Di beberapa daerah tertentu di Indonesia, kuda dimanfaatkan berdampingan dengan kerbau untuk kegiatan bertani dan berdagang. Di sampng itu, di Indonesia, kuda digunakan sebagai alat berburu di hutan. Kegiatan ini pun masih berlangsung hingga sekarang seperti halnya di Nusa Tenggara Timur dan Barat.

Bergeser ke abad 16 M, dimana kerajaan-kerajaan Nusantara pada masa keemasannya, kuda menjadi simbol keagungan kerajaan. Kuda-kuda dilatih secara khusus untuk dikirim berperang. Kuda-kuda tangguh diperlakukan istimewa karena menjadi pioner di gardu depan barisan perang.

Saat masa penjajahan oleh kolonial Belanda juga, kuda merupakan satu-satunya hewan yang dimanfaatkan untuk segala aktivitas pemerintahan juga perdagangan. Kuda menjadi sarana transportasi terbaik kala itu karena menjadi satu-satu kendaraan yang dapat menembus medan Indonesia yang masih berupa hutan dan rawa-rawa.

Tempat Pelatihan Kuda di Indonesia

Hingga saat ini, kuda pun masih menjadi moda transportasi tradisional yang masih diminati. Berkuda pun semakin hari menjadi suatu kegiatan menyenangkan sekaligus menyehatkan. Hingga saat ini sudah banyak tempat pelatihan berkuda yang tersebar di seluruh daerah-daerah Indonesia.

Jika dahulu, pelatihan berkuda khusus diperuntukkan mereka para orang-orang kerajaan dan pejabat daerah. Saat ini pelatihan berkuda telah dibuka untuk umum. Beberapa daerah yang membuka tempat-tempat pelatihan kuda sekaligus peternakan tersebar di Sumatra Barat, Sumatra Utara, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Sulawesi, Nusa Tenggara Barat dan Timur hingga wilayah Indonesia Timur seperti Maluku dan Papua.

Dibangunnya tempat pelatihan dan peternakan kuda juga tidak lepas dari sejarah Indonesia yang menjadikan berkuda sebagai penunjang berbagai aktivitas sehari-hari masyarakat. Kuda menjadi hewan peliharaan yang penting baik itu secara ekonomis maupun historis.

Nah, itulah sedikit ulasan mengenai sejarah pelatihan berkuda di Indonesia. Banyak orang menganggap kuda adalah hewan mengagumkan dengan sejuta pesonanya. Sifatnya yang tangguh dan kuat menjadikan kuda sebagai lambang kekuatan. []

 

Postur Tubuh yang Bagus dengan Berkuda

Postur Tubuh yang Bagus dengan Berkuda

Berkuda merupakan salah satu jenis olahraga yang cukup keren dan bergengsi. Tak hanya keren, dengan berkuda nyatanya dapat memberikan banyak manfaat pada tubuh manusia loh. Nah, diantaranya adalah membuat tubuh semakin ramping dan kencang dan juga untuk memperbaiki postur tubuh.

Saat kita berkuda, secara otomatis saat kita menduduki kuda semua otot di seluruh bagian tubuh kita akan bekerja keras. Pekerjaan keras dari otot ini adalah untuk mengendalikan atau mengontrol kuda. Otot pada tangan yang mengendalikan kuda terus bergerak beriringan dengan irama kuda sehingga tangan pun secara tidak langsung menjadi lebih kuat karena kebiasaan tersebut.

Postur Tubuh menjadi Lebih Bagus

Setiap orang tentu ingin memiliki postur tubuh yang sempurna, begitupun tubuh yang tampil indah. Impian tiap orang adalah dengan memiliki otot padat ditambah dengan perut yang rata. Termasuk dengan postur tubuh yang tegak tanpa bungkuk sama sekali merupakan impian ideal bagi tiap orang. Nah, sayangnya membentuk postur tubuh ideal perlu usaha yang keras.

Adapun bentuk usaha ini adalah cara olahraga yang tepat dan benar. Olahraga menjadi salah satu usaha keras untuk memperbaiki postur tubuh. Olahraga yang dapat memperbaiki postur tubuh manusia pun banyak salah satunya adalah berkuda.

Dengan berkuda, dapat memungkinkan postur tubuh terbentuk menjadi lebih baik. Mengapa demikian karena dengan berkuda secara otomatis akan melatih otot bersamaan merangsang perbaikan postur tubuh. Hal ini pun didukung dengan bentuk punggung kuda yang bisa memaksa tubuh penunggangnya untuk duduk tegak dengan posisi yang sempurna.

Nilai tambah lainnya dari berkuda adalah saat berkuda dapat membakar kalori dan lemak yang ada pada tubuh. Berkuda menjadi salah satu olahraga terbaik untuk program diet. Dengan berkuda pula, peredaran darah juga akan menjadi lebih lancar.

Perbaikan Tubuh dengan Berkuda

Berkuda selain menjadi hal yang menyenangkan untuk dilakukan, tentu akan memberikan banyak manfaat untuk tubuh kita. Terutama dalam usaha memperbaiki postur tubuh. Manusia zaman sekarang apalagi anak-anak saat ini banyak memiliki postur tubuh yang kurang bagus seperti bungkuk. Oleh karenanya memperbaiki postur tubuh adalah penting.

Postur tubuh merupakan suatu hal yang wajib untuk menjadi suatu perhatian. Postur tubuh idaman tiap orang tentu tubuh yang tegap. Nah, dengan berkuda postur tubuh semakin lama akan semakin ikut diperbaiki. Ini karena sat berkuda punggung yang harus tegap serta dada yang dipaksa membusung. Berkuda secara rutin, selain dapat membuat tubuh lebih tegap juga dapat membuat tubuh terlihat lebih tinggi.

Hal yang Menyenangkan untuk dilakukan

Berkuda tentu menjadi suatu yang sangat menyenangkan selagi dilakukan, kendati termasuk ke salah satu jenis olahraga. Dengan berkuda kita di tuntut mengendalikan kuda untuk menelusuri dan menjelajah jalan. Berkuda pun juga melatih otak secara bersamaan. Oleh karenanya berkuda banyak dianjurkan oleh pakar kesehatan karena memiliki banyak manfaat baik itu fisik maupun mental.

Saat berkuda, dapat merangsang perbaikan tubuh karena otot bekerja lebih keras. Berkuda bukanlah suatu kegiatan yang mudah. Butuh banyak latihan serta usaha yang keras untuk menjadi penunggang kuda yang ahli. Butuh yang namanya keterampilan untuk menunggangi kuda. Oleh karenannya selain melatih otot guna perbaikan postur tubuh. Berkuda secara bersamaan melatih ketangkasan serta kecerdasan otak.

Nah, sekian sedikit info berkuda yang membuat postur menjadi lebih bagus. Selamat membaca dan semoga bermanfaat. []

 

5 Fakta Unik Tentang Kuda

5 Fakta Unik Tentang Kuda

Selain anjing dan kucing, kuda merupakan salah satu jenis hewan yang banyak dijadikan peliharaan. Kuda juga menjadi salah satu hewan yang sering dijadikan sahabat oleh manusia. Manusia dan kuda telah  berdampingan sejak lama, bahkan sudah ribuan tahun yang lalu.

Kuda sendiri banyak dimanfaatkan oleh manusia khususnya untuk tenaganya untuk mengangkut barang dan moda transportasi. Dahulu kuda pun digunakan sebagai kendaraan perang. Nah, berbeda dengan dahulu, saat ini kuda lebih banyak digunakan untuk peternakan dan olahraga pacuan.

Fakta Unik dari Hewan Kuda

Di samping mempunyai nilai kegunaan, kuda juga memiliki banyak fakta unik lainnya yang patut untuk kita ketahui. Ulasan ini terangkum ke dalam 5 fakta unik tentang kuda, sebagaimana berikut:

  1. Mata Kuda memiliki diameter paling besar di antara semua mamalia darat

Kuda termasuk ke dalam hewan mamalia darat yang memiliki mata paling besar ketimbang lainnya. Diameter matanya adalah sekitar 3,5 cm menjadikannya paling besar di antara semua mamalia darat. Jika di kalkulasi dari keseluruhan hewan mamalia baik darat dan laut, selain kuda, dua mamalia lain yang memiliki mata besar adalah paus dan anjing laut.

Uniknya lagi, kuda memiliki penglihatan dan pandangan yang lebih luas dibanding manusia atau hewan lainnya. Hal ini karena letak kedua bola mata kuda terletak di kedua sisi kepala.

  1. Dengan cara tertawa, kuda dapat mempertajam indera penciumannya

Fakta unik lainnya yang hanya dimiliki seekor kuda adalah tertawa merupakan cara kuda untuk mempertajam indera penciumannya. Yang dimaksud tertawa disini adalah saat kuda memperlihatkan seluruh gigi gerahamnya. Dilansir dari Mother Nature Network, menyebutkan fakta bahwa memperlihatkan gigi nya adalah untuk mendeteksi bau.

Bagi kuda menggunakan indera penciumannya dapat maksiamal jika menggunakan oragan vomeronasal, yang terletak di area sekitar mulutnya. Jadi, jika Anda tidak sengaja melihat kuda sedang tertawa itu menandakan kuda tersebut sedang membaui sesuatu.

  1. Berkomunikasi menggunakan suara, ekspresi wajah dan telinga

Selain ‘tertawa’ nya yang menjadi ciri khasnya, kuda sebenarnya salah satu mahkluk yang ekspresif. Kuda juga merupakan mahluk sosial, karena sepanjang hidupnya ia hidup berkelompok dan akan saling berkomunikasi satu sama lain. Uniknya dalam berkomunikasi, kuda tidak hanya memakai suara melainkan juga dengan ekspresi wajah.

Kuda dapat menunjukkan 17 macam ekspresi wajah untuk berkomunikasi satu sama lain sebagaimana disebutkan oleh National Geographic. Selain dengan suara dan eksprsi, kuda nyatanya juga berkomunikasi dengan telinganya. Telinga digerakkan untuk memberi sinyal kuda lain ke mana harus melihat. Hal ini penting untuk memberi petunjuk lokasi sumber makanan juga cara menghindari ancaman predator.

  1. Hewan yang banyak minum

Termasuk dalam golongan mamalia darat besar, kuda merupakan mahkluk yang sangat menykai minum. Bahkan disaat musim panas kuda dapat menghabiskan setidaknya 5 hingga 10 galon air untuk diminum. Ketimbang makanan, kuda lebih banyak meminum air. Bahkan jika kuda kekurangaan air, kuda bisa tidak nafsu makan sehingga menyebabkan masalah kesehatan lain.

  1. Dapat tidur dengan baik baik berdiri maupun berbaring

Untuk urusan tidur, kuda merupakan hewan yang fleksibel. Kuda bisa tidur kapan saja dan dimanapun baik itu dengan berdiri maupun berbaring. Di waktu membutuhkan tidur nyenyak umumnya kuda akan berbaring. Namun, kebanyakan kuda hanya butuh waktu sebentar untuk tertidur jadi kuda lebih sering tidur dengan posisi berdiri.

Itulah 5 fakta unik yang dimiliki oleh kuda. Kuda sejak berabad-abad yang lalu memang dikenal kuat. Kuda pun menjadi salah satu moda transportasi yang digunakan hingga saat ini.[]

 

Topik bahasan:

gembala kuda

5 Manfaat Berkuda untuk Anak-anak

5 Manfaat Berkuda untuk Anak-anak

Saat ini, berkuda merupakan suatu kegiatan menyenangkan yang lagi populer di kalangan masyarakat. Berkuda menjadi suatu kegiatan menghabiskan hobi sekaligus olahraga bagi orang dewasa juga sekaligus anak-anak. Tahukah Anda, mengajarkan menunggang kuda pada anak akan memberikan banyak sekali manfaat.

Mungkin bagi sebagian orang, berkuda bukanlah suatu kegiatan yang umum dilakukan. Memang masih jarang orang mau melakukan kegiatan ini, karena disamping cukup sulit melakukannya, kegiatan yang satu ini memerlukan biaya tidak sedikit.

Inilah 5 Manfaat Berkuda Bagi Anak-Anak

Jika biasanya kegiatan seperti olahraga yang umum dilakukan orang, khususnya anak-anak adalah bermain sepak bola, basket dan lainnya. Berkuda bisa menjadi alternatif lain untuk anak melakukan kegiatan loh. Karena penelitian membuktikan menunggang kuda bagi anak memberi banyak manfaat yang baik.

Manfaat ini pun tidak hanya dari segi kesehatan, namun dari segi psikologis pun sangat baik untuk anak-anak. Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan berikut tentang manfaat apa saja yang didapat anak saat menunggang kuda:

  1. Sangan baik untuk kesehatan dan kebudaran tubuh anak

Selain menyenangkan, kegiatan berkuda sebenarnya merupakan salah satu jenis olahraga. Tentu setiap jenis olahraga baik untuk keshatan terutama secara fisik. Dilansir Hourse and Hound HK menjelaskan bahwa menunggang kuda pun baik untuk kesehatan anak secara fisik. Hal ini didukung oleh Megan Hawkins dari British Horse Society (BHS) bahwasanya menunggang kuda adalah cara yang baik untuk membuat anak-anak menjadi lebih aktif di luar.

  1. Berbaur dengan lingkungan baru

Manfaat lainnya, adalah dengan mengikuti kegiatan berkuda tentu menuntut seorang anak ikut ke dalam suatu perkumpulan atau club berkuda. Karena berkuda tidak bisa dilakukan di sembarang tempat. Tentu ini akan mengenalkan anak pada lingkungan baru.

Anak pun akan mencoba berkenalan dengan likungan baru dan teman-teman baru. Hal ini sangat baik untuk perkembangan psikologis anak. Kehidupan sosial anak pun akan menjadi lebih baik.

  1. Manambah rasa percaya diri

Manfaat berikutnya adalah rasa percaya diri anak yang semakin meningkat. Ini secara tidak langsung terlatih sedari rutin menunggangi kuda. Umumnya, saat berkuda seorang akan dituntut untuk mampu mengendalikan kuda sekaligus tubuh untuk tetap tenang. Kondisi tubuh seorang dan kuda yang tenang akan menyelaraskan kontrol berkuda. Anak pun akan lebih percaya diri dan mengendalikan kecemasan.

  1. Mengajari tentang usaha dan kerja keras

Bagi anak, menumbuhkan tekat kuat adalah penting. Berkuda sangat baik untuk anak apalagi dapat mengajarkan tentang usaha dan kerja keras. Berkuda bukanlah suatu kegiatan yang gampang. Oleh karenanya perlu perjuangan dengan terus belajar dan berlatih.

Mengendalikan seekor kuda pun dapat dikatakan cukup sulit. Perlu kerjasama yang baik antara si penunggang dan kuda. Dengan menunggang kuda, seorang anak pun akan tahu betul soal usaha yang perlu dilakukan serta kerja keras guna meraih suatu keberhasilan. Hal  ini juga akan membuat anak lebih sabar, tekun dan disiplin secara bersamaan.

  1. Bertanggung jawab

Manfaat lainnya adalah anak akan menjadi lebih bertanggung jawab. Anak akan memiliki dedikasi yang tinggi. Banyak pelajaran hidup yang dapat dipetik oleh anak-anak saat menunggangi kuda. Secara pasti anak pun akan lebih bertanggung jawab dengan merawat dan menyayangi kuda miliknya sebagai sahabat perjalanan.

Itulah beberapa manfaat yang didapat oleh anak-anak saat menunggangi kuda. Kiranya penting juga untuk orang tua selalu mengawasi kegiatan seorang anak. Hal ini pun baik untuk pertumbuhan serta perkembangan seorang anak. Sekian dan semoga bermanfaat!

 

Berkuda Sambil Memanah ? Cari Dimana?

Berkuda Sambil Memanah ? Cari Dimana?

Berkuda dan memanah merupakan olahrga yang saat ini makin digemari. Kedua olahraga yang bisa dibilang tua ini, menjadi olahraga yang kembali populer dan banyak diminati, meskipun sebelumnya pernah sedikit meredup. Setelah orang-orang mengetahui manfaat yang dihasilkan dari berkuda dan memanah, mereka menjadi semakin tertarik untu berpartisipasi dalam olahraga itu.

Kedua olahraga ini, memiliki arena yang luas yang harus di sediakan. Oleh karena itu, jarang tempat yang menyediakan kedua olahraga ini dalam satu area. Pada umumnya tempat wisata hanya memiliki satu saja wisata, berkuda saja atau hanya memanah saja. Namun, ada beberapa tempat yang menawarkan kedua olahraga ini sekaligus yaitu, olahraga berkudan dan olahraga memanah.

Branchsto

Branchsto terletak di BSD city, Jl. BSD Raya Barat, Pagedangan kecamatan serpong, Tangerang, Banten. Branchsto memiliki akses yang mudah di jangkau oleh pengunjung serta lokasi yang bisa dibilang cukup strategis.

Branchsto merupakan tempat yang menyediakan arena berkuda sekaligus dengan arena memanah. Nuansa koboi lengkap beserta atributnya digunakan oleh pegawai Branchsto agar pengunjung bisa benar-benar mesakan seperti berada di suasana peternakan kuda. Setiap sesi berkuda memiliki tarif yang berbeda sesuai dengan durasi dan jenis kuda serta tingkatan-tingkatan dalam berkuda.

Pada sesi memanah, tarif yang ditentukan berdasarkan durasi memanah disertai dengan tingkatan-tingkatan dalam memanah yang ingin di ambil. Branchsto menyediakan tempat yang luas untuk sesi berkuda atau pun sesi memanah. Branchsto juga menyediakan resto yang mendukung dengan suasana area berkuda dan memanah.

D’ sultan Stable

D’ sultan Stable berlokasi di Jl Kol Sulaiman Amin Lorong Pagar Dewa Talang Buruk Km 7.5. tempat wisata ini terhitung tempat wisata yang baru yang terdapat di palembang. D’ Sultan Stable menawarkan tempat berkuda sekaligus memahan.

Kegiatan atau olahra berkuda dipatok dengan Rp. 25.000 untuk mengelilingi lapangan satu kali, sedangkan harga Rp. 150.000 untuk berkuda dengan durasi waktu hingga 1 jam. Adapaun tarif yang diberikan untuk olahraga memanah adalah Rp. 75.000 untuk 20 shoot, sedangkan untuk 10 shoot memiliki tarif Rp. 50.000.

D’sultan stable terkadang juga digunakan sebagai area berfoto prewedding, karena memang pemandangan atau latar belakang pada D’Sultan ini, sangatlah bagus dan menarik.

Johnsto

Johnsto merupakan tempat menyediakan berkuda dan memanah dalam satu area yang terdapat di Jogha. Olahraga berkuda, yang ditawarkan Johnsto memiliki tarif yang beragam. Hal tersebut berdasarkan dengan ukuran kuda yang digunakan serta durasi kuda yang di gunakan. Johnsto memiliki satu kuda yang bagus namun tidak digunakan untuk berkuda, melainkan hanya untuk ber swafoto, yaitu kuda poni.

Pada olahraga memanah, johnsto menyediakan sesi pelatihan memanah dasar yang dilengkapi dengan pelatih memanah yang berpengalaman. Sesi memanah di Johnsto sendiri, memiliki daya tarik berupa area yang digunakan sebagai tempat memanah, memiliki suasana yang mendukung untuk melatih memanah atau olahraga memanah.

Johnstro juga memiliki resto dengan desain unik dan makanan yang khas. Sehingga para pengunjung bisa beristirahat sejenak di dalam resto sambil menunggu untuk berkuda atau memanah.

Itulah sedikit ulas mengenai tempat yang menyediakan olahraga berkudan dengan olahraga memanah sekaligus. Di Indonesia untuk tempat yang langsung menyediakan keduanya sangatlah sedikit, atau bisa dibilang jarang, karena perlunya area yang luas apabila harus menyediakan kedua olahraga tersebut. Semoga bermanfaat.

 

Topik bahasan:

Tempat Berkuda di kuningan

Tempat Pelatihan Kuda dan Memanah Di Jogja

Tempat Pelatihan Kuda dan Memanah Di Jogja

Kedua kegiatan ini, yaitu berkudan dan memanah merupakan kegiatan yang paling lama atau termasuk olahraga tertua di Indonesia. berkuda sendiri telah ada sejakn pada zaman romawi. Berkuda menjadi favorit banyak orang, karena adanya daya tarik tersendiri pada saat menunggangi kuda, selain daya tarik atau kepuasan, berkuda memberikan manfaat kesehatan baik kesehatan secara fisik, secara emosional atau pun secara mental.

Dengan berlatih memanah, terdapat berbagai manfaat seperti, dapat meningkatkan kefokusan serta ketajaman mata. Menguatkan bahu. Olahraga memanah akhir-akhir ini menjadi trending kembali, setelah agak lama memudar. Tak banyak orang yang suka olahraga memanah, karena terlalu banyak menonton film yang mempertunjukkan memanah.

Di Indonesia sendiri, tempat yang digunakan untuk berlatih berkuda sekaligus memanah dapat dibilang belum terlalu banyak. Karena berkuda dan memanah membutuhkan lahan yang benar-benar luas. Sehingga pada umumnya hanya ditemukan latihan berkuda saja atau latihan memanah saja.

Namun, di Jogja Sendiri, terdapat tempat yang menyediakan pelatihan berkuda sekaligus dengan memanah, yaitu di Johnsto yang merupakan singkatan dari jogja horse dan resto. Di Johnsto, terdapat tempat khusus yang digunakan untuk pelatihan berkuda. Tempat berkuda memiliki desain yang unik, bisa dibilang desainnya seperti konsep Ranch atau seperti tempat-tempat koboi yang ada di televisi-televisi.

Johnsto terletak di Kutu Patran, Sinduadi, Mlati Kabupaten Sleman. Lokasinya yang bisa dibilang strategis yaitu berada di belakang kawasan Jogja City mall, membuat para pengunjung baik yang menggunakan roda dua atau roda empat, tidak akan sulit dalam menjangkau lokasi Johnsto.

Bagi pengunjung yang hanya sekedar penasaran dan ingin melihat-lihat saja, maka tidak akan dikenakan tarif meskipun memasuki area berkuda atau area pelatihan kuda. Namun, jika pengunjung ingin menunggangi kuda maka akan dikenai tarif Rp. 30.000 untuk kuda dengan ukuran sedang. Adapun jika pengunjung ingin menunggangi kuda ukuran besar, maka tarif yang dikenakan sebesar Rp. 35000.

Johnsto juga menyediakan latihan memanah. Pelatihan memanah di johnsto terdiri dari beberapa sesi seperti sesi berlatih memanah dasar. Setiap sesi memiliki durasi waktu 10 menit dengan tarif Rp. 10.000. pada sesi tersebut pengunjung bisa ditemani dengan pelatih, atau pun melakukan pahanan sendiri. Di johnsto, lokasi tempat memanah, juga disediakan cukup luas sehingga pengunjung tidak akan berdesakan.

Pelatihan memahan di Jonsto ini masih pada tahap pelatihan memanah dasar, oleh karena itu, durasi yang diberikan hanya 10 menit.

Pengalaman berkuda dan memanah di Jogja Horse Resto ini, menjadikan pengunjung bisa menikmati sensasi yang berbeda. Pengunjung bisa latihan berkuda, apabila durasi berkuda telah habis, pengunjung bisa berganti berlatih memanah.

Selain latihan berkuda dan memanah, Johnsto memberikan suasana resto yang mendukung dengan tempat berkuda atau memanah. Desain pada resto memberikan efek yang segar kepada pengunjung dilengkapi dengan berbagai menu khas yang bisa menjadi andalan dari Jogja Horse Resto.

Pengunjung bisa melakukan swafoto dengan kuda jenis poni yang telah disediakan khusus untu berfoto. Kuda jenis ini tidak bisa dinaiki karena memiliki postur tubuh yang pendek dan kecil. Bagi pengunjung yang memiliki hasil jepretan foto bagus, akan di tampilkan di galeri Johnsto. Di galeri johnsto. Latar belakang pada setiap area johnsto membuat swafoto menjadi lebih menarik.

Itulah sedikit ulasan mengenai tempat latihan berkuda sekaligus memanah yang dapat ditemukan di Jogja. Semoga Bermanfaat.