Pelatihan Kuda Khusus untuk Upacara Kenegaraan

Pelatihan Kuda Khusus untuk Upacara Kenegaraan

Pelatihan kuda khusus untuk upacara kemerdekaan haruslah dilakukan oleh penunggang kuda yang sudah berpengalaman atau pelatih kuda yang sudah memiliki pengalaman dalam melatih kuda untuk acara khusus seperti ini. pelatih juga harus menyadari, kuda memiliki tempo pelatihan berbeda.

Terdapat kuda yang memiliki tempo pelatihan cepat dan tempo pelatihan lambat. Sehingga peltih haru memiliki target waktu yang sesuai dengan tempo kuda pada saat latihan.

Pemilihan Kuda

Pemilihan kuda ini memiliki tujuan agar kuda mampu mengalami serangkaian pelatihan yang berta. Apabila tidak dilakukan seleksi, maka dikhawatirkan kuda tidak mampu menjalani serangkaian proses latihan kuda. Penseleksian kuda ini yang pertama tidak didasarkan oleh faktor genetik kuda, sehingga kuda jenis apapun berasal dari daerah manapun, bisa mengikuti proses seleksi ini.

Proses penseleksian kuda meliputi,tim penilai, jenis kelamin kuda (karena berbedanya jenis kelamin kuda, berbeda pula kemampuan kuda), kondisi tubuh (pemeriksaan kondisi tubuh akan dilakukan dengan teliti agar kuda mampu melakukan peltihan yang berat), manajemen pemeliharaan kuda (meliputi seperti proses pemberian makan kuda, perawatan kuda, asupan nutrisi dan masih banyak lagi), bulan disertai tahun judging, perawatan ayng diberikan pada anak kuda.

Tipe Berjalan

Kuda harus mengusai cara berjalan, pertama, berjalan bebas (free walk) mempunyai jumlah hentakan empat kali hentakan disertai dengan irama yang tetap, berjalan bebas disertai dengan gerak kepala yang bebas, jadi tidak mengikuti irama derapan langkah kaki. Berjalan dengan sedikit berlari dimana terdengar suara tiga derap langkah.

Kedua, langkah berderap, dalam pelatihan langkah berderap, kuda haruslah memiliki keseimbangan dan berjalan setiap dua kali derap. Langkah yang dibutuhkan adalah langkah pelan dan lambat agar tidak merusak keseimbangan. Ketiga, berlari kecil dengan tiga kali derap. Caranya, kaki pada bagian belakang terlebih dahulu digerakkan, kemudian lari kecil dilakukan pada kaki bagian depan. Arah lari ditentukan oleh kaki depan.

Pelatihan Berputar

cara melakukan pelatihan jenis ini, yaitu seperempat putaran pada gerak kaki depan dan kaki belakang. Kaki depan menjadi poros. Kuda dihadapkan pada dinding. Apabila ingin melakukan putaran ke arah kanan jangan menggunakan tali kendali bagian kanan.

setengah putaran memindahkan kaki ke belakang dan kaki depan sebagai poros. Posisi kuda sejajar dengan dinding. Antara tubuh kuda dan dinding diberikan jarak, agar kuda dapat berputar. Cara berputar harus lah memiliki pengaturan yang benar sehingga pada saat berputar, kaki kuda tidak terhalangi.

Seperempat putaran dengan gerak kakil  belakang menjadi porosnya. Apabila kuda berputar menuju arah kanan maka dinding tembok akan berada disebelah kiri kuda. Sehingga pada saat kuda berjalan kemudian setengah berhenti, tangan kanan akan memegang tali pelananya, kemudian lengan kiri berada di belakang tali pelana. Hal tersebut bertujuan agar mencegah bagian belakang kuda berpindah, tetapi tidak seluruhnya menngunakan lengan.

Itulah sedikit informasi merupakan bentuk latihan kuda yang dikhususkan untuk upacara. Kuda yang terlatih sebelumnya telah diseleksi dengan ketat. Sehingga kuda tidak akan mengalami kesakitan atau kesulitan saat menjalani proses pelatihan. Seleksi ketat dilakukan agar yang terpilih kuda yang benar-benar memiliki fisik yang kuat.

Para pelatih juga tidak memaksakan kkuda, karena tujuan dari pelatihan ini adalah diperoleh kuda kuat yang terlatih disertai dengan keadaan fisik yang sehat. Sehingga para pelatih akan sangat memerhatikan kesehatan sang kuda. Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *