Manfaat Memanah, Salah Satunya Membakar Kalori

Hukum Olahraga Memanah

Memanah menjadi gandrung dengan kampanye bahwa memanah adalah olahraga sunah. Olahraga memanah memang dilaksanakan di zaman Rasul. Dulu Rasulullah SAW pun pernah kesal lantaran ada pemanah handal  yang menyia-nyiakan kemampuannya.

Rasul menafsirkan Q.S. Al Anfal ayat 60 yang berbunyi, “Siapkanlah untuk menghadapi mereka kekuatan apa saja yang kamu sanggupi.” Sebagai berikut: “Ketahuilah, sesungguhnya yang dimaksud dengan kekuatan itu adalah memanah.” Ucapan tersebut, Rasul katakan berulang-ulang.

Zaman dulu, panah digunakan sebagai senjata dalam berperang. Kondisi di mana yang mana membuat umat Muslim harus mampu melaksanakannya. Hingga sebagian ulama mengartikan bahwa memanah adalah budaya Rasul zaman dulu dalam menghadapi perang. Maka sebagian ulama meyimpulkan bahwa hukumnya mubah atau boleh.

Manfaat Olahraga Memanah

Meskipun hukumnya boleh, memanah memiliki segudang manfaat untuk kesehatan jiwa dan raga. Terkait keamanan, bahkan menurut Archery Trade Association bahwa memanah adalah olahraga yang jauh lebih aman daripada sepak bola, tennis atau basket.

Berikut adalah manfaat  memanah:

  1. Meningkatkan fokus

Jelas bukan, bahwa dalam memanah kita diajak untuk membidik satu titik. Kalau tidak fokus jelas tidak kena sasaran. Dengan memanah, makan fokus kita menjadi meningkat. Dalam kehidupan sehari-hari pun kita menjadi terbiasa untuk fokus.

  1. Melatih kesabaran

Jika kita melakukan segala sesuatu dengan terburu-buru, memanah cocok sekali untuk melatih diri menjadi lebih sabar. Sebab, memanah melatih kesabaran. Jika tak sabar, anak panah yang dilepas tak mengenai sasaran.

  1. Membakar lemak

Tidak percaya, hanya dengan panahan dapat membakar lemak? Bukankah panahan hanya melejitkan busur? Selain itu, badan tetap pada posisi yang sama. Menurut www.fetscret.co.id, bahwa panahan membakar kalori dalam tubuh. Bahkan lebih besar sedikit daripada kalori yang dibakar ketika berjalan 5,5 km/jam.

Selama 5 menit panahan, akan membakar kalori 24 kalori. Jika 10 menit, 49 kalori. Jika 15 menit 74 kalori. Jika 30 menit, 147 kalori dan 1 jam 294 kalori.

 

  1. Kekuatan tubuh bagian atas

Menarik bususr menghasilkan tekanan pada kedua otot tangan, otot dada, bahu dan punggung. Saat memanah, sebelum anak panah dilepaskan, ada proses penahanan terlebih dahulu untuk membidik sasaran. Hal tersebutlah yang menguatkan tubu bagian atas.

Masih banyak manfaat dari memanah. 4 poin di atas hanya sebagian saja. Mulai berminat memanah? Jangan hanya memanah hati si dia. Eaa… Di mana kita dapat berlatih memanah? Johnsto memberikan fasilitas bagi yang ingin olahraga panahan. Jangan risau bagi pemula. Sebelum memanah, ada pengarahan dari Johnsto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *