5 Pelatihan Kuda Pacu

5 Pelatihan Kuda Pacu

Kuda pacu memiliki harga yang sangat mahal apabila dibandingkan dengan kuda biasa, hal tersebut dikarenakan, kuda pacu akan digunakan untuk pacuan kuda atau pertandingan pacuan kuda, sehingga memiliki harga yang relatif mahal. Bukan hanya kuda pacu nya saja, keturunan dari kuda pacu juga memiliki harga yang sangat mahal.

Kuda pacu memiliki latihan yang sangat berat, karena kuda pacu akan melakukan aktivitas yang berat, sehingga pelatihannya sangat berat. Hal tersebut bertujuan agar kuda pacu terbiasa dengan suasana tersebut, kuda pacu dikenal dengan larinya yang cepat serta mampu mengendalikan tubuhnya dengan seimbang.

Berlatih Pernafasan

Pernafasan merupakan hal yang paling penting pada saat kuda melakukan pacuan kuda. Kuda yang mampu mengatur pernafasannya dengan baik, maka sampai garis akhirnpun, sang kuda tidak akan merasakan ngos-ngosan atau kecapekan. Kuda yang tidak bisa mengatur pernapasannya maka ia akan mudah sekali kehilangan keseimbangan dan bisa membuat di penunggang menjadi terjatuh.

Kuat atau tidaknya pernapasan sang kuda, itu semua berdasarkan dengan pelatihan yang diberikan si pelatih kuda. Pelatih harus mampu memberikan pelatihan yang bisa membuat kuda mampu mengatur pernapasannya. Pelatih bisa mengajaknya berlari sambil mengajarkan cara mengatur pernapasan pada si kuda pacu.

Berlatih Berlari Cepat

Melatih kuda untuk berlari dengan cepat adalah suatu keharusan untuk kuda pacu, karena memang itu tujuannya, meskipun pelatih melatih kuda agar berlari dengan cepat, namun pelatih juga harus memperhatikan segala aspek kebutuhan kuda sehingga kuda tidak merasa kecapekan.

Ada berbagai cara untuk melakukan pelatihan tersebut, pelatih bisa menunggangi kuda dan mengajak kuda untuk berlari cepat dengan berkeliling membentuk lingkaran yang memiliki diameter yang lebar. Berlari pun harus bertahap, mulai agak cepat, cepat kemudian sampai cepat sekali.

Mengenalkan Berbagai Medan

pada saat pacuan kuda, pasti akan terdapat medan yang nantinya akan dilalui oleh sang kuda, medan tersebut bisa medan pasisr tanah, medan lumpur, medan tanah becek dengan air sedikit agak tergenang dan masih banyak lagi. Para pelatih harus bisa berpikir kreatif dalam memberikan sebuah latihan berbagai medan sehingga nantinya kuda pacu akan terbiasa dengan kemungkinan medan apapun yang terdapat pada tempat pacuan.

Memberi Asupan Makanan yang Cukup

Selain melatih, makanan yang memiliki niali gizi, protein, nutrisi dan sebagainya haruslah benar-benar tercukupi, agar kuda tetap bisa memiliki energi yang prima. Makanan merupakan hal yang paling penting yang harus benar-benar dijaga, layaknya seorang atlit menjaga tubuhnya agar tetap prima.

Hal tersebut selain bertujuan agar kuda tetap dalam kondisi prima, juga memiliki tujuan agar kuda terjaga kesehatannya serta tidak mudah mengalami kelelahan.

Menerima Perintah Dengan Cepat

Bukan hanya pelatihan saja yang diberikan, pelatih harus melatih kuda agar kuda bisa merespon perintah pelatih dengan cepat. Sehingga pada saat pertandingan pacu kuda, meskipun kuda berlari sangat kencang, kuda tetap bisa dikendalikan oleh sang pelatih

Caranya kamu bisa menyuruh kuda melakukan sesuatu seperti berbelok, berjalan agak lamban, berjalan agak cepat, dengan menggunakan perintah, Anda harus mengulangi perintah itu setiap kali anda melatih kuda pacu anda, hal tersebut bertujuan agar kuda pacu anda mampu merespon perintah yang anda berikan secara cepat dan tepat. Sehingga anda tidak akan kehilangan kendali pada kuda anda.

Itulah 5 pelatihan kuda pacu yang bisa anda lakukan, semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *