5 Jenis Kuda Di Indonesia

5 Jenis Kuda Di Indonesia

Di Indonesia memiliki berbagai jenis kuda. Kuda yang ada di Indonesia memiliki ciri-ciri fisik dan performa yang berbeda sesuai dengan daerah kuda tersebut. Jadi, di Indonesia memiliki beragam kuda yang berasal dari berbagai daerah yang ada di Indonesia. Berikut ini merupakan 5 jenis kuda yang ada di Indonesia.

  1. Kuda Sumbawa

Kuda sumbawa memiliki postur tubuh dengan ketinggian agak sedang yaitu, dengan ketinggian antara 1 hingga 1.25 meter dan memiliki postur tubuh yang pendek. Kuda ini memiliki dada yang lumayan dalam dan lebar.

Meskipun memiliki postur tubuh pendek, kuda ini memiliki tubuh yang panjang pada bagian tengah disertai bahu tegak dan lengkung tulang rusuk yang bagus. Kuda ini merupakan jenis kuda yang tahan bekerja atau kuda yang kuat.

  1. Kuda Mangarai

Kuda Mangarai merupakan kuda Flores pada bagian Barat. Kuda ini, memiliki tinggi antara 1.11 hingga 1.39 m. Kuda ini, memiliki kepala yang besar dan sedikit lebar dengan leher kencang yang besar. Pinggang dan punggung yang dimiliki kuda ini bisa dibilang cukup lebar, pada bagian dada memiliki ukuran lebar dan dalam.

Kuda mangarai memiliki bentuk kaki yang pendek. Kuda jenis ini bisa di bilang kuda yang memiliki sifat tenang dan termasuk pendiam. Dalam jenisnya, kebanyakan kuda ini memiliki warna merah.

  1. Kuda Timor

Kuda timor memiliki ciri khas tinggi antara 1 sampai 1.35 m. Kuda jenis ini memiliki lubang hidung yang luas disertai kondisi rahang yang bisa terbilang sempit. Kuda ini, memiliki muka yang halus dan telinga yang sedang dan gagah.ciri khas lainnya yaitu, memiliki mata jernih disertai dengan kondisi agak menonjol ke arah depan. Kuda timor memiliki keahlian dalam tahan nafas yang sanagt baik.

Kumba pada kuda ini, bisa dibilang cukup tinggi, namun ada juga yang memiliki kumba yang pendek dan kemudi yang terdapat pada kuda ini agak bundal. Kuda ini memiliki watak yang baik dan tidak agresif.

  1. Kuda Batak

Kuda Batak memiliki tubuh yang lebar dan cukup dalam dengan tinggi kuda 1.10 sampai dengan 1.18 m. Masing-masing anggota tubuh, memiliki bentuk yang besar disertadi dada yang besar dan dalam. Kuda ini memiliki kumba yang cukup pendek dan punggung yang pendek namun kencang. Kuku pada kuda ini memiliki kualitas yang sangat baik dan kecil.

Namun, kuda ini memiliki urat kemudi yang agak kurang baik. Tetapi, kuda ini memiliki sendi loncat yang tegak. Meskipun begitu, kuda ini memiliki cara berdiri yang bisa terbilang bagus, yaitu cara berdiri tegak. Kuda ini memiliki warna yang bermacam-macam.

  1. Kuda Lombok

Kuda ini memiliki tipe sendiri yang memiliki ciri-ciri yang berbeda dengan tipe kuda yang lainnya, dengan memiliki tinggi kisaran 1 hingga 1.32 meter, kuda ini memiliki dada yang sempit dan kurang dalam pada bagian leher kurang baik. Kuda ini, memiliki bentuk kepala yang besar dan panjang pada bagian muka. Kaki yang dimiliki kuda ini, termasuk kaki yang panjang.

Kuda lombok memiliki punggung dan pinggang yang kuat disertai dengan kemudi yang condong dan sedikit runcing. Kuku yang besar dan tagak memiliki kualitas yang kurang baik.

Itulah sedikit ulasan mengenai 5 jenis kuda yang ada di Indonesia. Berbeda daerah, berbeda pula tipe dan ciri-ciri kudanya. Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *